Pondok Pesantren Nurul Iman Tampung Santri Gratis, info selengkapnya di TVONE 17/09/2009. Bagi Anda yang ingin menjadi donatur sebagai rasa kepedulian terhadap kelangsungan anak yatim dan anak yang kurang mampu, silakan sisihkan penghasilan Anda ke Yayasan Panti Asuhan Nurul Iman Kabupaten Ketapang

Share/Save/Bookmark

Senin, 29 Juni 2009

PANGSA PASAR INTERNATIONAL WEB 2.0 vs WEB LOKAL

Pangsa pasar pengguna internet di Indonesia cukup besar, ini bisa dibuktikan dengan adanya website-website terkemuka di Indonesia yang memiliki traffic tinggi berani memasang tarif iklan yang sangat mahal di website mereka yang bisa mencapai puluhan s/d ratusan juta rupiah, walaupun sangat mahal tapi tetap saja banyak perusahaan/perorangan yang memasang iklan, dari iklan jualan buku hingga jual mobil.

Tapi pernahkah anda terpikir seberapa besar pangsa pasar International dibandingkan pangsa pasar lokal? untuk membandingkan anda bisa menggunakan 2 tools yang tersedia di internet yakni: Alexa.com dan Compete.com
to home...
Alexa adalah website yang memberikan informasi ranking dari website di seluruh dunia termasuk indonesia, di bawah ini adalah screenshot dari Alexa.com yang saya ambil dalam kategori peringkat 100 website yang memiliki traffic tertinggi di Indonesia:


Dari informasi di atas bisa kita lihat bahwa peringkat tertinggi website yang paling sering diakses oleh orang Indonesia (pada waktu data ini diambil) adalah Google.co.id peringkat kedua ditempati oleh Facebook.com (sebuah Web 2.0 menempati posisi no.2 di Indonesia diikuti oleh Web 2.0 lainnya seperti: Blogger.com, Friendster.com, Youtube.com dan Wordpress.com

Kita bisa ambil kesimpulan bahwa pangsa pasar terbesar di Indonesia ada di dalam website Google.co.id, kita bisa menggunakan Google.co.id sebagai website dengan traffic tertinggi di Indonesia sebagai perbandingan.

Lalu coba kita bandingkan Google.co.id dengan Web 2.0 International, disini kita bandingkan dengan website International Web 2.0 seperti Twitter.com dan Squidoo.com menggunakan informasi dari Compete.com, anda bisa lihat hasilnya dibawah ini.




Angka dan huruf di samping kiri grafik diatas dalam satuan juta ( 0M,1M,2M,dst...) M artinya Million dalam istilah bahasa indonesianya adalah juta. Dari grafik diatas bisa kita lihat posisi web lokal Indonesia Goggle.co.id (garis berwarna biru) ada di posisi 0M artinya dibawah 1M (dibawah 1Million=dibawah 1 juta unique visitor*), sedangkan posisi web international Twitter.com garis berwarna hijau terus meningkat tajam dari 1 juta terus meningkat tiap bulan hingga 14 juta unique visitor dan garis berwarna orange yakni Squidoo.com relatif tidak banyak perubahan di posisi 4 juta.
Kesimpulannya adalah sbb:
Google.co.id : < 1 Juta unique visitor
Squidoo.com (web 2.0) : 4 juta unique visitor
Twitter.com (web 2.0) : 14 juta unique visitor
*unique visitor adalah 1 orang yang mengakses website tsb, walaupun website itu diakses 10 kali dalam waktu 1 hari tetap dihitung 1

Dari perbandingan diatas artinya pangsa pasar International lebih besar 4 hingga 14 kali lebih besar dari pangsa pasar Indonesia! Itu saja baru dibandingkan dengan web international yang saat ini tidak begitu terkenal/tidak memiliki peringkat yang terlalu tinggi di Alexa.com, apalagi kalau dibandingkan dengan Facebook.com atau Youtube.com yang diakses secara International yang bisa mencapai total 75-90 juta lebih unique visitor! (anda bisa lihat datanya di bawah ini, Biru= Google.co.id, Hijau=Facebook.com dan Orange=Youtube.com)



Pangsa pasar yang luar biasa inilah tempat berkumpulnya prospek/traffic dimana anda bisa tawarkan kepada mereka jasa/produk apapun yang anda jual. Kalaupun anda hanya ingin fokus dengan market Indonesia tidak masalah karena di Indonesia pun Facebook dan Web 2.0 lainnya seperti youtube, friendster, dll ada di peringkat teratas! bahkan anda bisa memanfaatkan web 2.0 ini untuk mendapatkan posisi teratas di dalam search engine Google atau Yahoo! karena Google ataupun Yahoo menyukai Web 2.0 seperti Facebook, Youtube, Wordpress, dll..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar